Mahasiswa


Berbicara tentang perkembangan bangsa, banyak aspek yang mempengaruhi maju mundurnya suatu bangsa. Diantaranya pemerintahan, keadaan sosial budaya dan ekonomi, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, dan kualitas pendidikan. Sebagai Negara berkembang, kualitas pendidikan di Indonesia belum bisa dikatakan memenuhi kriteria “cukup”, bahkan mungkin bisa dibilang masih “kurang”. Ironis memang, mengingat sudah 62 tahun lamanya Indonesia terlepas dari penjajah, namun selama 62 tahun itu pula Indonesia masih berada dalam belenggu kemiskinan dan kebodohan. Pertanyaan yang selalu muncul atas semua ini adalah “Apa yang salah dari semua ini? Sistem pemerintahannya kah? Pemerintahnya? Atau rakyatnya?”

Ya, semua ini tidak akan ada habisnya jika kita selalu menghakimi orang lain. Jika kita terus berpikir bahwa nasib bangsa ini berada di tangan pemerintah, maka pergantian presiden dan wakil presiden dalam kurun waktu 5 tahun mungkin tidak akan cukup. Mungkin tiap tahun kita akan menuntut penggantian presiden dengan alasan mencari pemimpin yang lebih cocok atau pas menurut kita. Mungkin kita lupa bahwa pada hakikatnya “Tidak ada manusia yang sempurna”.

Hendaknya kita bercermin pada diri kita sendiri, dengan kapasitas kita sebagai mahasiswa, yang notabene berperan sebagai generasi penerus bangsa, kita hendaknya bertanya pada diri kita masing-masing “Apa yang bisa kita lakukan untuk bangsa ini?”.

Dalam hal ini, kita saat ini berada pada jalur pendidikan, maka dalam usaha memajukan bangsa, peran mahasiswa adalah:

  • Sebagai generasi penerus yang cinta pendidikan, sebagai calon pemimpin yang sadar akan pentingnya pendidikan.
  • ebagai ujung tombak peradaban bangsa.
  • Sedangkan fungsi mahasiswa dalam membangun bangsa melalui pendidikan adalah:
  • Memajukan Sumber Daya Manusia pada umumnya dan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya.
  • Membangun peradaban bangsa yang maju, memiliki intelektualitas tinggi, professional, berakhlak dan berbudi luhur.

Dari uraian singkat di atas, sepatutnya kita menyadari bahwa dipundak para mahasiswalah tanggung jawab masa depan bangsa dipertaruhkan. Mahasiswa ibarat pilar penopang bangssa, jika pilar penopang itu kuat maka bangsa ini akan terus berdiri kokoh, namun jika pilar itu rapuh maka bangsa ini akan mudah runtuh. Maka bersatulah mahsiswa, berikan yang terbaik untuk bumi pertiwi ini. Teruslah berjuang, hingga raga ini tak lagi bernyawa.

Mahasiswa engkau adalah anugerah bagi dunia

Maka torehkanlah sejarah kebenaran

Walaupun besok dunia tenggelam

HIDUP MAHASISWA!!

By Rezky Yunita – UPI 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s