Manusia mengendalikan Mesin


Aku pikir kata kendali(baca: mengendalikan / dikendalikan), bukan suatu kata yang sulit untuk dipahami. Bagiku “mengendalikan” bisa berarti mempengaruhi, bisa berarti mengatur. Seorang atasan harus bisa mengendalikan bawahaannya dalam kerangka pekerjaan. Atasan/pimpinan memiliki wewenang untuk mengatur, bagaimana bentuk tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan oleh bawahaannya.

Tapi…, aku hari ini, sedang tidak ingin membahas atasan/bawahan. Aku ingin sedikit berbagi tentang, “Manusia mengendalikan Mesin”. Apakah ungkapan itu masih relevan dengan kondisi saat ini. Coba aku review diriku sendiri. 8-)

Sekilas memang nampakannya seperti itu, tapi sejatinya tidak. Aku memang secara fisik mengendalikan komputer dan ponsel ku. Aku gunakan komputer ku untuk menyelesaikan semua pekerjaan kampus dan kantor. Aku gunakan ponsel ku untuk menghubungi sahabat dan kolega, lagi-lagi untuk kepentingan pekerjaan. Aku mengendalikan mesin itu, ya…, sementara ini memang begitu adanya. -P

Tapi…., kondisinya berbalik ketika pada suatu waktu, komputer ku rusak. processornya terbakar karena overheat. Karena spesifikasi komputer ku yang unik, ternyata aku tak bisa hanya sekedar mengganti processornya saja. Minimal processor dan mainboardnya harus diganti karna mainboard yang lama tak lagi kompetibel dengan processor yang baru.

Biaya penggantian processor dan mainboard yang tidak sedikit ini, bikin aku pusing tujuh keliling. Bagaimana tidak, gajian baru dua minggu lagi, dana yang ada sekarang hanya cukup sampai akhir bulan. Menunggu dua minggu penggantian komputer ku ini, yang aku rasakan seperti neraka.

Akhirnya…., aku sadar bahwa, bukan aku yang mengendalikan komputer ini, tapi hidupku sudah dikendalikannya. Seakan-akan, aku tak bisa “hidup”, meski hanya untuk menunggu dua minggu.

Kejadian ini mungkin gak jauh beda sama kita yang punya motor atau mobil, yang kita gunakan untuk transportasi saat bekerja. Menderita banget…, kalo motor/mobil itu rusak, dan kita harus ke kantor via angkutan umum.

So…, inikah yang dimaksud “Manusia mengendalikan Mesin”…?

Tinggalkan Balasan

