Syukur vs Tidak Beruntung


Entah setan jenis apa yang menyusup di kepala ku, aku merasakan kekecewaan yang cukup membuat diriku sendiri terheran-heran. Ternyata….., tidak mudah untuk tetap bersyukur dan ikhlas kala sedang dalam kondisi “tidak beruntung”. Tidak Beruntung ini tentunnya versi ku, yang selalu berpikiran sangat dangkal dan negatif.

Tidak beruntung, musibah, ujian, cobaan, ketidaknyamanan, penderitaan, sering menjadi penghalang bagi kita untuk mengakui bahwa Allah telah memberikan banyak sekali nikmat-Nya untuk makhluk- makhluk-Nya. Dan tentunya kita juga tau, bahwa nikmat yang dicurahkan Allah kepada makhluk-Nya bersifat unik, tidak persis sama dalam bentuk yang sama. Kenapa ? Karena sifat, karakter, dan tingkah laku manusia pun berbeda-beda, sehingga apa yang dibutuhkannya pun tentu berbeda.

Aku mengetahui dengan nalarku, aku yakini dengan iman ku, tapi kenapa ya, kok kecewa dan perasaan ‘down’ ini masih saja bersarang. Aku yakin, bahwa Allah adalah satu-satunya yang Maha Adil, tidak akan mungkin memberikan sesuatu yang tak mungkin aku pikul. Aku yakin, bahwa Allah adalah satu-satunya yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, tidak mungkin mengecewakan makhluk yang mendekat kepada-Nya.

Padahal…, hal ini bukan semata-mata ketidak-beruntunganku, melainkan keberuntungan orang lain yang ternyata tidak datang padaku, akhirnya aku kecewa. Jiwa Kotorku seakan-akan tak bisa menerima kenyataan ini, dan menganggap hal ini tidak adil. Sesuatu hal yang mungkin memang bukan hak ku, tapi aku merasa pantas mendapatkanya hanya karena orang lain itu juga mendapatkannya.

Aku sadar, bahwa aku salah. Aku tau, bahwa jiwaku tak lagi jernih. Usahaku untuk belajar ber-tobat, aku sadari tidak mudah. Dan situasi ini tak boleh terulang lagi.

“Astagfirullah hal ‘azim…..”

Tinggalkan Balasan

