VB : Hapus File – FileListBox


Setelah beberapa waktu yang lalu aku menceritakan bagaimana melakukan pencarian file, sekarang aku ceritakan topik yang hampir sama, Hapus File.

Logika cukup sederhana, kita hanya memasukkan value pada properti Path milik FileListBox, kemudian menunjuk file yang akan dihapus, lalu perintah hapus.

Perintah hapus yang aku gunakan yaitu Kill(PathName). Artinya, kita cukup mengetahui dimana lokasi file tersebut berada dan menambahkan nama file-nya.

Sebelumnya, supaya sama dengan yang aku praktekkan, aku buat dulu folder di Drive c: dengan nama : data_saya

Lalu, isi folder tersebut dengan beberapa file contoh, untuk melihat apakah proses sukses atau tidak.

Untuk desain interface-nya, aku buat seperti ini :

image001

Kemudian, source programmnya, aku tulis seperti ini :

Private Sub Form_Load()File1.Path = “c:’data_saya’”

End Sub

Private Sub File1_Click()Text1.Text = File1.FileName

End Sub

Private Sub cmdProses_Click()If Text1.Text <> “” Then

Kill (File1.Path & “’” & Text1.Text)

MsgBox “Proses Hapus -SUKSES-“, , “Kotak Pesan”

Else

MsgBox “Proses Hapus -GAGAL-“, , “Kotak Pesan”

End If

File1.Refresh

Text1.Text = “”

End Sub

Dan hasilnya, sebagai berikut :

image002

image003

Oke…, silahkan dicoba….

Tinggalkan Balasan

