Membuat Aplikasi Java HalloDunia dengan Eclipse Ganymede


Sebelum kita membuat aplikasi sederhana “HalloDunia”, mari kita kenali secara singkat bagaimana lingkungan IDE Eclipse ini. Pada gambar berikut, lingkungan Eclipse dibagi menjadi 3 bagian utama. Meskipun tidak selaluatau harus ditampilkan dalam bentuk seperti ini, namun menurut aku, ini bentuk yang paling nyaman untuk membuat program.

Pada bagian kiri, terdapat jendela Workspace yang bertuliskan Package. Dengan jendela ini, kita dapat mengetahui project apa saja yang ada atau tersimpan pada Workspace, sekaligus kita dapat menampilkan struktur dari project yang kita buat.
Pada bagian atas, digunakan untuk melakukan penulisan kode program atau pengkodean. Sedangkan bagian pada bagian bawah akan lebih banyak kita gunakan untuk mengetahui pesan error program atau output program dalam bentuk console.

Nah…, sekarang kita mulai membuat project pertama kita, dengan Judul HalloDunia.
Klik menu File >> New >> Java Project. Maka akan tampil jendela berikut. Kemudian ketik HalloDunia pada Project Name dan klik tombol Finish.

Setelah membuat New Project, mari kita buat New Package dan New Class sekaligus.
Klik menu File >> New >> Class, sehinga muncul jendela berikut. Karena Class harus disimpan pada sebuah Package, maka ketik HalloDunia pada Package dan Name(Class). Jangan lupa untuk mencontreng “public static void main” agar program dapat dirunning dan klik Finish. Pada jendela tersebut terdapat “peringatan”, bahwa nama package yang diketik tidak sesuai konvensi yang umumnya digunakan. Namun untuk sementara ini, kita abaikan dan penjelasannya akan kita kupas pada artikel berikutnya.

New Class and Package

Nah…, setelah proses tersebut, maka pada jendela Workspace, kamu dapat melihat bagaimana struktur project HalloDunia yang telah kita buat seperti gambar berikut.

Struktur Project

Selanjutnya, untuk melakukan pengkodean dan menampilkan teks pada console, kita dapat langsung melakukan doubleclick pada HalloDunia.java di jendela Workspace. Kemudian tambahkan dua baris kode program berikut.

// TODO Auto-generated method stub
System.out.println(“Hallo Dunia…”);
System.out.println(“Selamat Datang di Dunia JAVA !!!”);

Pada jendela kode program akan tampil seperti gambar barikut.

Statement println

Tiba saatnya untuk melakukan eksekusi /run project yang kita buat. Klik tombol RUN,
atau klik menu Run >> Run As >> Java Application. Dan hasilnya, seperti pada gambar berikut.

Console Output

Selamat mencoba…,🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s