Membuat Simple Object Mahasiswa Dengan Java


Saat ini, kita akan mencoba untuk membuat aplikasi sederhana yang menggunakan pendekatan objek yang paling sederhana. Dimana awalnya aku sendiri cukup kesulitan untuk memahami bagaimana sih sebuah aplikasi yang berorientasi objek itu dibangun.

Contoh kasusnya kita akan mencoba membuat aplikasi yang menyimpan dan menampilkan data mahasiswa. Pada tahap persiapan aku mulai dengan membuat rancangan kelas Mahasiswa yang akan menjadi “blue print” dari objek Mahasiswa. Menggunakan UML sebagai tool modelnya, aku membuat rancangan kelas Mahasiswa sebagai berikut:

1. Diagram Kelas Mahasiswa

Pada gambar tersebut, aku membuat 3 buah atribut sebagai contoh bagaimana sebuah kelas harus mampu menyimpan data/informasi/value. Selain itu sebuah kelas juga harus berguna, atau dengan kata lain, kelas tersebut melakukan aksi-aksi tertentu, baik terhadap kelasnya sendiri ataupun terhadap kelas yang lain.

Operasi/aksi yang aku buat pada kelas ini masih sangat sederhana, sekedar untuk mengubah value pada atribut (contoh setNim) dan membaca/mengambil value dari atribut (contoh getNim).

Kemudian, menggunakan tool tertentu aku men-Generate Code diagram tersebut menjadi kode java, yang secara otomatis tersimpan pada file Mahasiswa.java seperti ini:

public class Mahasiswa {
private String nim;
private String nama;
private Integer nilai;

public Mahasiswa () {
}
public String getNama () {
return nama;
}
public void setNama (String newNama) {
this.nama = newNama;
}
public Integer getNilai () {
return nilai;
}
public void setNilai (String newNilai) {
this.nilai = newNilai;
}
public String getNim () {
return nim;
}
public void setNim (String newNim) {
this.nim = newNim;
}
public String toString () {
return null;
}
}

Untuk dapat menggunakan atau memanfaatkan file tersebut, aku membuat sebuah project baru pada Eclipse dengan nama project “SimpleMhsApp”.

2. Create Project

Dan class utama dari project ini yang menyimpan fungsi main(), aku beri nama yang sama dengan nama project

3. Create pakcage n Class

Kemudian aku membuat kelas baru untuk menyimpan kode kelas Mahasiswa yang telah aku buat sebelumnya. Class berikut ini aku beri nama Mahasiswa sesuai dengan kelas sebelumnya.

4. Create Class Mahasiswa

Kemudian aku pindahkan kelas Mahasiswa yang sudah jadi kedalam kelas Mahasiswa yang masih kosong. Dan aku tambahkan beberapabaris kode untuk melengkapi kerangka kelas hasil dari Generate Code tersebut, menjadi seperti ini:

package simplemhsapp;

public class Mahasiswa {
private String nim;
private String nama;
private Integer nilai;

public Mahasiswa() {
this.nim = “”;
this.nama = “”;
this.nilai = 0;
}
public String getNama() {
return nama;
}
public void setNama(String newNama) {
this.nama = newNama;
}
public Integer getNilai() {
return nilai;
}
public void setNilai(String newNilai) {
this.nilai = Integer.parseInt(newNilai);
}
public String getNim() {
return nim;
}
public void setNim(String newNim) {
this.nim = newNim;
}
public String toString() {
String teks;
teks = “NIM : ” + this.getNim() + “’n” + “NAMA : ” + this.getNama()
+ “’n” + “NILAI : ” + this.getNilai() + “’n”;
return teks;
}
}

Untuk kelas utama(SimpleMhsApp.java) aku menambahkan beberapa baris kode untuk membuat objek Mhs1, dan memanfaatkan metode dari objek tersebut, seperti berikut;

package simplemhsapp;

import javax.swing.JOptionPane;

public class SimpleMhsApp {
public static void main(String[] args) {
// Menciptakan Objek Mhs1
Mahasiswa Mhs1;
Mhs1 = new Mahasiswa();

//Memasukkan nilai/value pada atribut
Mhs1.setNim(JOptionPane.showInputDialog(“Ketik NIM Mhs :”));
Mhs1.setNama(JOptionPane.showInputDialog(“Ketik NAMA Mhs :”));
Mhs1.setNilai(JOptionPane.showInputDialog(“Ketik NILAI Mhs :”));

//Menampilkan nilai/value dari atribut
JOptionPane.showMessageDialog(null, Mhs1.toString());
}
}

Hasilnya ketika dieksekusi seperti berikut;

5. input nim
6. input nama
7. input nilai
8. output

Tinggalkan Balasan

